Senin, 26 Januari 2009

#) Gerhana Matahari Tapi Mendung

Hari ini senin 26 januari 2009 adalah hari libur nasional dalam rangka menyambut tahun baru cina atau imlek. Hari libur ini aku hanya di rumah saja mengerjakan pekerjaan seperti biasa ???....

Sekitar jam 12 siang akupun nonton berita-berita di TV dan acara-acara yang disiarkan berita tentang Perayaan Imlek di beberapa kota di Indonesia. Nonton dan nonton berita ada kabar bahwa hari akan terjadi Gerhana Matahari sekitar pukul 3 sore sampai jam 6 sore wib.Gerhana matahari terjadi ketika posisi Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. (dari wikipedia / cari di om google)

Wah, inikan fenomena yang jarang terjadi, di tahun-tahun kemaren juga ada tapi tidak di wilayah Indonesia kebetulan sekarang terjadi di sebagian wilayah Indonesia.
Nah, sekitar pukul 3 sore akupun langsung mencari dan mengambil negatif film bekas, dan langsung menuju ke luar rumah melihat matahari dengan negatif film tersebut, wah ternyata matahari sudah ¼ oleh bulan (menurut pengamatanku pake negatif film sieh..), dan itu terjadi sekitar pukul 15;40 wib, sungguh fenomena alam yang menakjubkan…

Beberapa menit kemudian kulihat lagi matahari dan sudah tertutup 1/3 oleh bulan (menurut pengamatanku lagi sieh…) sekitar pukul 16;10 wib. Lalu sekitar pukul 16;18 wib dari posisi tempatku mengamati gerhana matahari dengan alat negatif film, sungguh pada saat itu matahari sudah tertutup total dan bisa dilihat dengan mata telanjang, karena matahari sudah ditutupi awan tebal dan berkabut sehingga matahari dan fenomena gerhana tidak terlihat lagi sampai malam pun tiba…..(^_^) ???

Dan juga di tempat ku tinggal di bandung ini, setelah sholat Asyar, masjid-masjid di sekitar rumah mengumandangkan takbir atas fenomena alam yang terjadi dari Kekuasaan Allah Swt. Allaahu akbar….

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP